Banda Aceh | Sejumlah Aparatur Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh melakukan pelatihan ujicoba penggunaan Aplikasi siMaya di Ruang Pelatihan Gedung TIK melalui Bidang E-Governmet Jumat, (31/08/18).

 

Dalam kegiatan ini, bertujuan agar pelaksanaan penggunaan Surat Menyurat dan Birokrasi di lingkungan Pemerintah Aceh dapat berjalan sesuai harapan seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dalam hal ini, Kominfo dan sandi Aceh sebagai Sektor pelaksanaan E-government Pemerintah Aceh merencanakan akan segera mengimplementasikan penggunaan aplikasi SiMaya dalam waktu dekat di lingkungan internal Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh.

 

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bidang E-Government Ir. Sufiani, Kasie Pengembangan Aplikasi Yudi Kasmara, S.Kom, M.Cs sebagai pemateri dan beberapa pejabat struktural di lingkungan Kominfo dan Sandi Aceh. "Harapannya implementasi ini akan dilaksanakan di seluruh kegiatan Pemerintah Aceh setelah lingkungan Kominfo Aceh sendiri telah terbiasa menggunakan sistem SiMaya dalam urusan Birokrasi.

 

siMAYA merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya. Aplikasi siMAYA telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

 

Aplikasi ini dikembangkan dengan mengadopsi teknologi terbaru yaitu cloud computing dengan bahasa pemrograman nodejs dan menggunakan database mongo. Pada kondisi dan pertimbangan tertentu, aplikasi siMAYA dapat diinstall secara lokal di instansi pemerintah.

 

Untuk pergerakan awal implementasi TNDE ini memang perlu konsistensi dari Pemerintah dalam hal surat menyurat, untuk menjalankan program ini ke sebuah intansi perlu pemahaman secara teknis penggunaan aplikasi ini. Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh sebagai leading sector e-government di Pemerintah Aceh mencoba menerapkan sistem siMaya dalam proses surat menyurat. Dimulai pelatihan dan pendampingan kepada Pejabat Struktural dan Staf Bagian Kepegawaian sebagai pengurus surat dan administrasi dalam instansi Pemerintah. (Humas/Diskominfo).

 

Sumber: https://diskominfo.acehprov.go.id