https://acehtamiangkab.go.id/berita/kabar-daerah/193-213-kampung-di-aceh-tamiang-akan-bentuk-kelompok-informasi-masyarakat.html

Aceh Tamiang : Bupati Aceh Tamiang diwakili Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Aceh Tamiang, Drs. Amiruddin Y membuka Sosialisasi Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) di Aula Media Centre Dinas Kominfo hari Rabu (19/12) pukul 10.00 WIB.

Sekretaris Dinas kominfo, Wan Irwansyah, S. Sos selaku ketua panitia kegiatan sosialisasi menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan sosialisasi adalah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 08/PER/M.KOMINFO/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial dan Keputusan Bupati Aceh Tamiang Nomor 1845 Tahun 2018 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana dan Sekretariat Panitia serta Penunjukan Pemateri Pada Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Sumber Daya Komunikasi dan Informasi.  

Bupati Aceh Tamiang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Di setiap kelurahan/desa/kampung perlu dibentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berfungsi sebagai wahana informasi dan komunikasi antara anggota KIM dengan pemerintah atau sebaliknya. Oleh karenanya, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kominfo dan Persandian pada hari ini mengajak peran aktif Para Datok Penghulu dan SKPK terkait untuk mewujudkan pembentukan KIM tersebut.

“Pada tahun 2017 yang lalu, Kabupaten Aceh Tamiang berada di Peringkat ke-7 dari 23 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh dalam bidang keterbukaan Informasi Publik. Tahun depan, Saya harap Aceh Tamiang berada di 5 besar Se-Provinsi Aceh dalam bidang keterbukaan informasi publik” tegas beliau.

Seluruh Datok yang berhadir merespon rencana pembentukan Kelompok Informasi masyarakat tersebut dengan antusias.(*)