Bidang TIK, Persandian dan E-gov Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang  telah selesai mengikuti seminar daring atau yang biasa disebut webinar yang diselenggarakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melalui aplikasi zoom dan youtube selama dua hari (22-23/07/2020). Webinar ini mengangkat topik regulasi keamanan informasi dan indeks keamanan informasi yang diikuti oleh berbagai unsur pemerintah pusat maupun daerah, BUMN serta unsur swasta (private)  yang mempunyai peran sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di instansinya masing-masing.

Webinar ini dibuka oleh Ibu Nunil Pantjawati, B.Sc., M.E selaku Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko BSSN. Dalam pembukaannya Ibu Nunil selaku Direktur Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Resiko BSSN menyatakan bahwasanya BSSN mempunyai tugas utama untuk melaksanakan keamanan siber nasional secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber, dimana tujuan utamanya agar menimbulkan iklim yang sehat dan aman terhadap sistem informasi pemerintahan dan dunia usaha berbasis digital. Pengharapan BSSN kepada berbagai unsur penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) nasional termasuk pemerintah daerah agar dapat kiranya menerapkan SNI ISO 27001 dalam pengelolaan keamanan sistem informasi yang dimilikinya.

Dalam webinar tersebut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga menghadirkan beberapa pembicara dari beberapa pihak terkait dan berwenang antara lain adalah Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Otorisasi Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi cloud Computing Indonesia, Lembaga Sertifikasi Elektronik dan berbagai persusahaan yang telah tersertifikasi sistem informasinya seperti Blibli.com dan perusahaan lainnya.

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Tamiang sangat berantusias terhadap topik webinar yang dilaksanakan oleh BSSN dan berkeinginan untuk mewujudkan penyelenggaraan sistem keamanan elektronik yang berkesesuaian dengan regulasi-regulasi keamanan informasi tersebut. Dinas Kominfosan Kab. Aceh Tamiang akan terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (digital talent), infrasturktur, aplikasi yang memadai serta kesiapan berbagai regulasi untuk menuju penyelenggaraan sistem elektronik dengan tingkat keamana yang lebih baik.